Selamat Ulang Taun

Standar

Selamat ulang taun untuk kamu, yaa kamu yang hari ini berulang taun yang ke 20. Ku persembahkan tulisan ini untukmu , untukmu yang sering ku kecewakan. Kamu yang tak pernah lelah menghadapi segala keegoisanku. Kamu yang selalu menghiraukan kata maafku. Kamu yang dulu pernah mengisi hatiku & hari hariku yang indah. Terima kasih untuk semua yang pernah kau lakukan untukku. Tak akan ada habisnya maaf yang ku ucap untukmu.

Kenapa kau tak pergi saja dari hidupku? Apa kau tak pernah berfikir kau akan terus terluka jika kau masih saja disini. Aku tak bisa memaksakan hatiku untukmu. Taukah kamu sikapmu yang seperti itu akan terus mempersulit aku. Apa kau lebih memilih aku hidup dalam kebohongan & keterpaksaan itu? Hingga kebohongan & keterpaksaan itu menjadi hal yang biasa ku lakukan? Aku memang sangat egois jika aku meminta kesadaranmu untuk semua ini.

Mungkin aku adalah wanita yang sangat bodoh telah menyia nyiakan cinta tulus sepertimu. Tapi kau harus tau bahwa cinta itu memang tak bisa dipaksakan meskipun dulu pernah ada cinta di antara kita. Percayalah aku tak akan pernah melupakan kisah kita. Akan slalu ku ingat kisah kita, saat saat kita bersama. Selalu kau sambut hari hariku dengan cinta dan kasih sayang yang tak pernah lelah kau beri. Sering kali ku buat kau kesal tapi selalu , selalu sayang tulusmu redamkan semua itu. Kesabaranmu menghadapiku , senyum bahagia yang selalu kau tebarkan untukku, perhatian tulusmu, kadang buat ku merasa bahwa engkau tak akan pernah bisa meninggalkanku. Membuatku berfikir bahwa kau tak mempunyai batas kesabaran. Selalu ku merendahkanmu bahkan meremehkanmu. Aku tak pernah berfikir bahwa kau juga manusia yang mempunyai perasaan.

Kadang ku berfikir, ingin ku ulang semua kisah indah itu. Tapi aku hanya takut dan aku sangat takut. Jika sayang tulusmu akan ku abaikan kembali. Aku hanya ingin mempertegas sikapku. Aku tak bisa memberikan harapan yang belum pasti, mengertilah untuk ini. Aku tak bisa dipercaya. Ingatlah ada yang lebih berkuasa untuk membolak balikan hati manusia. Aku memang keras kepala, entah siapa yang salah. Aku, Kamu, atau memang kita yang memang tak pernah sejalan Taukah kamu, aku bosan selalu dibenarkan oleh hal hal yang salah Jangan selalu kau memujiku dengan hal hal yang sebaliknya Aku tak pernah mengharapkan semua itu. Selalu kau jebak aku dengan semua itu, kau bungkus rapi itu semua hingga aku tak punya alasan untuk mengelak.

Aku tak pernah mengerti mengapa ini begitu rumit. Mungkin ini balasan untukku. Tapi sekali lagi aku memang egois. Aku tak tau lagi apa yang harus ku perbuat untukmu? Yang jelas aku selalu berharap kebahagiaan, kesehatan & keselamatan selalu menyertaimu. Tetaplah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sukseskanlah masa mudamu. Aku menyayangimu sahabatku. Aku selalu berdoa yang terbaik untukmu. Maafkan aku, aku berkata seperti ini di hari ulang taunmu. Percayalah semua akan indah pada waktunya 🙂

Iklan

Tentang Ibu…

Standar

Ibu.
Apa perasaan kalian setelah mendengar kata ibu?
Rindu? Marah? Sedih? Damai? Atau..?
Ibu adalah sosok wanita yang sangat hebat. Di balik kehebatannya dia, dia adalah sosok yang sangat hangat, lembut & penyabar. Tapi sering kali kita sebagai anak melawannya, membantahnya, seolah tak pernah menghargai apa yang sudah beliau lakukan selama ini. Beliau membesarkan kita dengan penuh kasih sayang. Menyusui kita siang & malam dengan senyum tulus di bibirnya, betapa bahagianya dia mempunyai sosok mungil kita. Betapa besarnya harapan dia untuk kita kelak. Nyanyian nyanyian beliau yang selalu membuat kita tertidur pulas. Tangisan kita yang harus membangunkan dia tengah malam. Aku hanya bisa diam & meneteskan air mata hari ini. Rasanya sulit sekali jemari tanganku menulis tentang sosok ibu yang begitu aku sayangi. Tak kan pernah habis ceritaku bila aku harus menceritakan semua tentang ketulusannya. Ibu saat ini aku sangat merindukanmu ? Maukah engkau membaca tulisanku di surga-Nya?

581320_384580558269388_979661100_n

Ibu aku memang tak pandai menulis, Tak sepandai engkau menenangkanku saat aku menangis. Ibu, ku persembahkan tulisan ini untukmu walau takan pernah bisa membalas sedikitpun jasa-jasamu selama ini. Bolehkah aku bercerita tentangmu? Tentang semua kehebatanmu? Aku ingin semua orang tau betapa bahagianya aku punya sosok ibu sepertimu.

Picture1

Aku dilahirkan dari rahim ibuku yang begitu hebat. Waktu itu 30 Desember 1995, ibuku hebat memilih tanggal kelahiran untukku tepat satu hari lagi pergantian taun pun terjadi. Tepat umur satu hari, aku di anggap sudah berumur satu taun. Hehee hebat kan? Di balik ibu yang hebat aku juga punya sosok ayah yang hebat pula. Aku yakin aku lah yang paling beruntung punya sosok orang tua seperti mereka 😀 . Mereka sangat perhatian terhadap anaknya. Bahkan di umurku yang 19 ini aku masih merasakan perhatian seperti ayah memperhatikan ku waktu kecil. Dia tak pernah telat mengingatkanku untuk makan , solat , jaga kesehatan SETIAP HARI. Kadang aku merasa bosan, kadang aku merasa aku sudah besar & dewasa, kadang aku merasa aku sudah tak perlu di perhatikan lagi oleh hal hal kecil seperti itu, aku bisa melakukan itu semua tanpa harus diingatkan. Memang itulah sifat orang tua, sedewasa apapun kita mereka tetap menganggap kita seperti anak kecil yang dulu masih ia timang timang ia gendong bahkan ia peluk & cium saat kita ketakutan. Tapi kadang aku sadar & bersyukur tak seharusnya aku berbicara seperti itu. Harusnya aku bersyukur & merasa beruntung karena aku tau tak semua anak mendapatkan perhatian seperti itu dari ayahnya. Tuhan aku meminta maaf untuk kali ini, maafkan aku yang selalu merasa bosan & kesal oleh nikmat yang harusnya aku syukuri.

255525_384584358269008_78226538_n

Tak terasa waktu pun bergulir begitu cepat , aku sudah beranjak remaja kala itu tentu saja aku masih di kelilingi oleh orang orang yang sangat menyayangiku. Bahagianya aku & aku selalu berusaha membuat mereka bangga memilikiku. Aku bisa merasakan kebahagiaan mereka saat mendengar aku mendapat prestasi lebih dari anak anak lainnya . Dan saat itulah aku termotivasi & bersemangat untuk selalu membuat mereka tersenyum bahagia oleh apapun yang aku raih. Kadang aku memang membuat mereka kecewa tapi mereka tak pernah lelah menyemangatiku hingga aku tumbuh menjadi sosok dewasa seperti ini.

Duduk di bangku SMK aku punya banyak teman teman baru & aku mulai mengenal sosok teman laki laki di hidupku. Mereka menganggap itu wajar. Asalkan itu tidak mengganggu sekolahku & aku bisa menjaga diriku. Mereka mempercayakan itu semua padaku. Dan mungkin sering kali aku menyalahkan kepercayaan itu. Aku menyesal waktu itu , tapi aku sadar aku ngga bisa terus terusan di hantui oleh rasa penyesalan, yang harus aku lakukan sekarang adalah menjadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang anggun dalam kedewasaannya. Itulah yang mereka selalu harapkan kepadaku.

10417483_1472913079639730_5909545382806663281_n

Aku pun lulus dengan prestasi yang tak terlalu membuat mereka kecewa. Saat itu aku menjalani semua secara apa adanya. Aku selalu melakukan kegiatan apapun asalkan itu positif & baik. Mungkin itu caraku dalam menggapai masa depanku. Tak perlu berambisi mengejar ngejar cukup menjalani hal hal yang baik saja, aku yakin maka aku akan dipertemukan hal yang baik pula. Tapi usaha itu perlu lohh. Sampai akhirnya aku bekerja di suatu perusahaan swasta dan saat saat ini lah aku jauh dari mereka. Saat ini lah aku akan mulai bercerita tentang IBU.

Sebenarnya sejak SMK ibuku sudah bekerja di luar negeri ,TKW gitu dia rela berpisah buat keluarganya cuma buat masa depanku , agar aku bisa melanjutkan sekolahku & ayahku membuka usaha sendiri di Tangerang. Usahanya memang belum terlalu besar sehingga mungkin tak cukup untuk membiayai sekolahku. Apalagi telah lahir pula adikku yang mungkin menambah tanggung jawab nafkah ayah. Sosok mereka yang aku ceritakan di atas bukan hanya orang tuaku saja melainkan adalah nenek & kakekku yang merawatku sejak kecil. Aku sudah menganggap mereka seperti orang tuaku sendiri. Aku tinggal bersama mereka semenjak masih kecil. Kedua orang tuaku sibuk bekerja untuk membiayai kehidupanku & adikku sehari-hari. Mungkin aku sangat jarang melihat wajah ke dua orang tuaku di rumah tapi aku harus tetap bersyukur, mereka tetap sosok yang hebat di mataku.

1798341_1485338711730500_2713892811591593844_n

Setelah aku bekerja, Ibuku pun akhirnya pulang dan mulai membangun keluarga yang lebih baik dari sebelumnya. Ibuku menjalankan kodratnya kembali untuk menjadi ibu rumah tangga. Memperhatikan ayahku dengan penuh perhatian & cinta. Aku bekerja di Purwakarta , Orang tuaku berada di Tangerang, dan adikku masih tinggal di kampung tepatnya Cilacap. Yaa mungkin memang belum sesempurna keluarga yang lain tapi setidaknya itu lebih baik. Kadang aku bisa melepas rinduku dan bertemu kedua orang tuaku karena jarak purwakarta-tangerang tak sejauh jarak cilacap-tangerang. Yahh dan disinilah adikku tak seberuntung aku. Cobaan pun mulai terjadi di keluarga kami. Ternyata ibuku menderita kanker payudara.

Degggg, Jantungku terasa berhenti berdetak, nafasku pun terasa sesak, air mata pun tak tertahankan saat aku mendengar berita itu. Ayahku selalu berusaha menenangkanku dan aku pun selalu berusaha kuat mendengar itu. Wajah ibu pun tak terpancar wajah kesedihan. Dia selalu merasa dia masih kuat dan sehat. Aku bisa melihat itu dia melakukan pekerjaannya seperti biasa tak terlihat sedikitpun dia seperti orang yang sakit. Tapi aku benar benar pernah melihat dia kesakitan di tengah malam saat mungkin obat obat itu mulai bereaksi di tubuhnya. Berbagai pengobatan pun mulai ia jalani medis ataupun non medis. Tapi semua itu belum membuahkan kesembuhan untuk ibuku. Aku selalu berdoa untuk kesembuhan ibuku. Kegelisahanku mulai bertambah saat aku mendengar ibuku mengidap kanker payudara stadium empat.Tapi aku selalu berdoa kepada-Nya. Rasanya hatiku tlah di kuatkan oleh-Nya. Aku harus bisa menjalankan hari hariku seperti biasanya. Dan aku bisa tentu saja semua itu karna doa doa orang yang menyayangiku.

Semenjak itu lah aku sering menjenguk ibuku ke Tangerang. Dia tetap saja tak memancarkan kesakitannya padaku. Dia tetap mengurus rumah seperti biasa bahkan dia sempat memasak makanan kesukaanku. Dia masih saja memanjakanku . Tak seperti biasanya dia ingin mengantarku pulang ke purwakarta. Aku tak yakin dengan kondisinya yang sakit tapi ibuku memaksa tetap mengantar aku pulang. Dan akhirnya ibuku pun tetap mengantar aku pulang. Sampai di terminal bekasi sepertinya ibuku mulai merasakan sakit. Yahh Ibuku hanya mengantar sampai terminal bekasi saja, aku takut terjadi apa apa jika ibuku memaksakan mengantarku sampai purwakarta. Dia menemaniku sampai aku memasuki bis Primajasa jurusan Purwakarta. Sebelum aku duduk di bangku bis yang masih terlihat kosong tiba tiba dia memelukku , mencium dan berkata “ati ati ya nak” dan aku pun membalas pelukan eratnya “iya mah, mamah juga ati ati yahh kabarin kalo udah sampe rumah”. Dia pun mulai turun dari tangga bis. Aku pun masih memandanginya lewat kaca bis sampai dia jauh dan akhirnya tak terlihat.

542543_384585804935530_782217994_n

Dan saat itulah ternyata saat terakhir aku melihat sosok ibuku dalam keadaan bernyawa. Beberapa bulan setelah itu, saat aku berniat menjenguk ibuku lagi aku merasakan perasaan yang begitu tak enak. Aku ngga bisa menceritakan perasaanku lewat kata kata. Karna rasanya benar benar tak karuan. Aku coba menelfon ayahku sebenarnya apa yang terjadi hingga perasaan ku tiba tiba seperti ini. Saat aku mencoba menelfon ayahku , tak seperti biasanya ayahku tak menyambut hangat telfon dariku bahkan ia sempat menangis terisak. Perasaanku semakin menjadi saat mendengar ayah menangis terisak seperti itu , sebenarnya apa yang terjadi. Akhirnya aku pun bicara “pah besok ulfah ke tangerang yahh?” . ayahku pun melarang “ ngga usah nak besok kita pulang kampung aja entar papa jemput di purwakarta, doain mama yaa? Entar papa kabarin lagi sekarang papa lg ngga bisa ngomong” ucapnya terisak.

Aku pun terdiam, aku pun mulai menerka nerka apa yang sebenarnya terjadi. Tapi aku ngga mau berfikir negatif dulu. Aku pun akhirnya menelfon adikku di kampung dan ternyata jawabannya pun tak jauh beda dengan ayahku. Ngga ada yang bisa di ajak bicara. Aku semakin tak karuan. Lemas, bingung , menangis, resah, semua bercampur aduk seolah akhirnya aku ingin mengeluarkan semuanya. Aku pun memutuskan mengambil air wudlu dan solat aku memohon & berdoa kepada-Nya agar aku di beri ketenangan dan semua di beri perlindungan. Setidaknya keresahanku pun berkurang meskipun aku masih merasa lemas. Aku pun tak pikir panjang untuk mengemas baju bajuku dan bergegas pulang kampung. Waktu itu malam hari aku pun sempat mencoba memesan tiket kereta tapi hasilnya nihil. Akhirnya aku pun mendapat kabar dari ayah bahwa dia akan menjemputku di Sadang menggunakan mobil.

10672042_1468215533442818_3652406465309282050_n

Tepat jam satu malam, ayahku menelfon dan dia sudah di dekat sadang. Dengan perasaan yang masih tak karuan aku pun bergegas ke sadang dan aku hanya melihat pak le dan satu orang lagi di depan STS. Aku pun tak melihat ada mobil yang akan menjemputku pulang ke Cilacap. Aku semakin bingung ketika pak le tiba tiba memelukku dan menangis sambil berkata “sabar yahh faahh”. Aku makin tak mengerti dan tangis pun tak tertahankan. Dan ternyata satu orang di samping pa le itu adalah supir ambulance yang akan mengantar aku pulang dia berkata “SABAR YA NDOK IBUMU SUDAH PULANG KE RAHMATULLOH” . kata-kata itu yang sampai saat ini masih terngiang ngiang di kepalaku. Aku tak bisa berkata apa apa , tak ada yang melepas pelukan ditubuhku mungkin mereka ingin menenangkanku . aku hanya bisa berdoa di dalam hati semoga aku di beri kekutan dan Almarhum ibuku di beri ketenangan. Aku pun mulai menguatkan kakiku, berjalan menuju mobil ambulance yang ternyata berada di seberang jalan. Di dalamnya sudah ada ayahku dan jenazah ibuku . tangisku semakin meledak dan tak tertahankan saat aku melihat keranda hijau itu. Tapi ayahku yang saat itu sudah berada di sampingku mencoba memeluk dan menenangkanku. Hanya kata kata Alloh & Istighfar yang sepanjang jalan aku ucap. Setelah semua dirasa tenang akhirnya supir ambulance itu meneruskan perjalanan mengantar jenazah ibuku ke kampung. Tak kaget jika saat ini aku masih merasa takut & trauma oleh suara ambulance. Aku tak pernah menyangka aku akan dijemput oleh mobil ambulance dan mengantarkan jenazah ibuku sendiri ke kampung halaman.

Aku mencoba menguatkan hatiku sendiri aku tak bisa bergantung dengan ayah yang saat itu aku tau dia lebih hancur hatinya. Dia kehilangan sosok wanita yang selama ini menemani hidupnya. Jujur kami sangat kehilangan Almarhum. Aku harus kuat sampai mobil ambulance itu sampai di rumahku.
Setelah beberapa jam perjalanan akhirnya kita akan sampai menuju rumah. Aku semakin tak menentu memikirkan bagaimana keadaan orang orang di rumah . keadaan adikku, keadaan nenek & kakekku dan semua orang orang yang menyayangi almarhum ibuku. Dan sampai rumah , tenda tenda duka itu tlah terpasang di depan rumahku. Tangisku pun kembali tak tertahankan saat semua orang itu memeluk dan mencoba menguatkan aku. Lagi-lagi kekuatan apa yang Allah berikan untukku, aku merasa sedikit lebih tenang kala itu. Tak seperti nenekku yang waktu itu masih merasa tak percaya atas apa yang terjadi pada Almarhum ibuku. Dia masih duduk menangis di kamar dan tak mau keluar melihat jenazah ibuku yang akan segera dimandikan. Aku mencoba menenangkannya, mencoba memeluknya dan menuntunnya agar selalu menyebut kata-kata Allah agar hatinya dikuatkan. Wajar saja bila nenekku sampai seperti itu, ibuku adalah satu satunya anak perempuannya. Dia sangat berharap Almarhum Ibukulah yang akan merawatnya di masa senjanya. Aku pun terus menenangkan nenekku , aku tak boleh lebih lemah di hadapan dia. Saat aku melihat adikku yang mungkin belum terlalu mengerti semuanya, aku semakin sadar ini semua sudah kehendak Allah SWT. Adikku lagi lagi tak seberuntung aku di masa kecilnya, masa dimana ia bisa merasakan sosok hangat ibu di dalam hidupnya. Tapi dia tegar untuk semua itu. Aku semakin bertekad kala itu , aku akan merawat nenek & kakekku seperti orang tuaku sendiri. Dan aku akan berusaha semampuku untuk membantu adikku dalam menggapai masa depannya kelak. Dia laki laki , kelak dia harus jadi orang sukses dan bertanggung jawab terhadap keluarganya. Pikirku terlintas kala itu.

10540390_753976557996451_5301511713091678106_n

Tiba-tiba suara lembut itu memanggil namaku, yaa dia ayahku. Aku yang masih berusaha menenangkan nenekku pun segera bergegas menghampiri ayah yang waktu itu memanggilku. Ternyata jenazah ibu akan dimandikan , aku pun memutuskan untuk ikut memandikannya sebagai bentuk rasa hormatku padanya untuk yang terakhir kalinya. Nenekku tetap saja tak mau keluar dari kamarnya dan masih terus menangis, dia berkata padaku bahwa dia tak akan bisa kuat melihat wajah ibuku untuk yang terakhir kalinya. Aku pun tak bisa memaksanya. Akhirnya aku pun mencoba menguatkan hatiku lagi. Aku pun keluar menghampiri jenazah ibuku. Aku mencium keningnya, memegang jasadnya yang dingin dan pucat, wajahnya terlihat begitu cantik di akhir hidupnya. Aku hanya bisa berdoa di dalam hatiku , semoga surga tlah menantinya. Siraman air pun mulai ku basahkan ke tubuhnya, selalu iringan doa ku panjatkan untuknya. Aku tak ikut mensolati dan memakamkannya, aku hanya bisa berdoa dari rumah semoga semua berjalan dengan lancar.

Yahh semenjak saat itulah aku kehilangan ibuku. Terima kasih ibu tlah merawatku sedari kecil hingga aku tumbuh dewasa sekarang. Aku merasa sedikit lega setelah aku menulis semua ini. Semoga tulisan ini bisa memotivasi kalian. Bersyukurlah kalian yang masih mempunyai ibu. Sayangilah dia seperti dia menyayangimu sejak kecil. Jangan selalu menyalahkan takdir.Yakinlah Allah selalu ada untuk hambanya. Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas kewajaran manusia dalam menghadapinya. Semua ini adalah jalan yang terbaik. Kadang rindu memang tak bisa ku bendung. Kadang aku berfikir kenapa ibuku harus pergi sekarang, aku belum sempat membahagiakannya. Bahkan aku belum sempat membalas jasanya. Tapi aku sadar, aku masih bisa berbakti padanya. Hanya doa, ya doa yang tak pernah terputus adalah bukti baktiku pada ibuku sekarang. Doa dari anak anak yang soleh & solehah yang lebih ibuku butuhkan sekarang. Aku akan selalu mendoakan ibuku agar dia mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Amin.

10632649_1457973817800323_3854332051060564099_n

CATATAN HATI SANG LAJANG

Standar

Yapp , mungkin awal kalian baca judulnya miris banget kali yee.
Gue terinspirasi dari salah satu sinetron di rcti, “Catatan Hati Seorang Istri” Tapi berhubung gue belum menyandang status istri & lebih parahnya lagi gue jomblo ya jadi gue ganti sendiri dehh.
Gue ngga tau kenapa tiba tiba gue terinspirasi nulis curhatan di blog. Ada beberapa kemungkinan
Pertama malem minggu ini gue bete bangett, ya lu tau sendiri kan gan yang namanya orang jomblo mana ada yang ngapelin.

Ke dua gue terinspirasi sama Kaesang Pangarepp itu loh anak sulungnya presiden ke 7 kita yang baru dilantik kemaren. Akhir akhir ini gue sering banget baca blognya dia selain ngefans sama bapaknya ternyata dia juga bernasib sama kaya gue “Lajang”.
Gue lebih suka dibilang lajang daripada jomblo selain lajang adalah ejaan yang sudah dibenarkan oleh KBBI , kata lajang seengganya ngga semiris jomblo kalo didenger apalagi kalo ada yang bilang gue jones (jomblo ngenes maksudnya).

Sebenernya ada hal lain yang ngebuat gue terinspirasi buat nulis di blog. Gue lgi suka sama seseorang gan, sebut aja namanya DaFa (nama samaran :D). Kemaren gue baca blognya dia, gue selalu kepo apapun kegiatannya dia, dia update status apa, dia coment sama siapa aja. Pokoknya gue udah kaya wartawan yang lagi ngeliput berita yang lagi booming. Meskipun dia engga pernah tau kalo gue sebenernya suka ama dia, mungkin gue ngga pernah terlihat di matanya dia , mungkin gue Cuma sebutir pasir di mata dia, dan gue cuma bisa memendam perasaan ke dia, cesssss jadi puitis gini dah. Emang gitu kalo lagi jatuh cinta gue yang notabennya adalah orang pendiem berubah jadi cerewet maksimal, ya meskipun cerewetnya cuma di blog.

Awal gue kenal sama dia itu di medsos facebook , gue gabung ke grup lokernya ya berhubung dia admin jadi langsung gue add dahh & trnyata di konfirm juga. Gue kagum sama dia jaman sekarang masih ada orang baik kaya dia, sebatas gue tau di dunia maya sih kaya gitu tapi gue ngga mau terlalu percaya dulu sama seseorang gue cuma pengen berprasangka baik aja sama dia. Tapi hati kecil gue berkata “dia orang baik”.

Gue sering ngebuka profilnya dia awalnya sih cuma pngn tau info loker aja tapi berhubung ane orangnya kepo maksimal ya ane bukain tuh foto fotonya , info profilnya, dan yang paling ane kepo-in ya itu statusnya dia. Deggg jantung ane tiba tiba bergetar hebat ngeliat status nya dia yang masih lajang 😀 . Gue masih biasa aja waktu itu meskipun gue udah memasuki fase naksir. Tpi akhir akhir ini dia jadi sering inbox gue dan kita juga udah sms,an. Cieeeee gue seneng banget gan. Tapi gue ga mau ke PEDE an dulu namanya juga bersahabat kan bisa sama siapa aja, ya kan? Tapi yang jelas saat ini gue seneng banget bisa punya sahabat kaya dia.

Gue juga masih memegang prinsipnya om Mario Teguh.
Meskipun gue suka ama dia tapi gue ga mau ngemis perhatian ke dia. Meskipun sebenernya gue pengen banget di perhatiin sama dia tapi sebisa mungkin gue tahan rasa itu.
gue punya prinsip kalo dia naksir gue pasti dia bisa perhatian tanpa harus gue minta.
Dan kalo dia engga bisa ngelakuin itu ya simple itu artinya dia ngga suka sama gue , dia cuma nganggep gue sebagai sahabat. Dan gue hargai itu gue lebih suka orang yang kaya gitu daridapa orang yang awalnya perhatian sampe kita di buat mabuk kepayang sama dia tapi akhirnya dia php-in kita. Gue pernah di gituin , sakitnya tuh di sinii *nunjuk hati*. Dan sekarang dia baru nikah. Gue ngga dendam ko sama dia gue doain semoga jadi keluarga sakinah mawadah & warohmah.

Yang mesti gue lakuin sekarang gue akan bersikap  apa adanya ke dia supaya dia tau gue yaa kayak gini masalah dia mau suka atau engga ya itu haknya dia. Sebatas dia mau kenal gue aja gue udah seneng banget ko masalah ke depannya semua udah ada yang ngatur.
Di setiap doa gue, gue cuma pengen jodoh yang terbaik entah itu dia atau siapapun.
Gue tau Allah udah nyiapin jawabannya mau kemana masa depan gue, mau sama siapa ane berjodoh mau sampe kapan ane hidup di dunia ini.
Yang penting sekarang berusaha jadi manusia yang lebih baik aja. Pribadi yang selalu bersyukur. Buat bangga papa. Bahagiain keluarga & selalu ngedoain mamah di surga :*
Udah dulu deh gann ane malah jadi terharu nihh keingett semuanya.

Selamat bermalam minggu 🙂

BREAKDOWN ENGINEERING

Standar

Mungkin dari kalian ada yang belum mengerti tentang apa itu proses breakdown engineering?

ok , sebelum itu saya jelaskan dulu yaa,,

Saya bekerja di salah satu perusahaan wiring harness di purwakarta. Peranan Engineering dalam hal ini tentu sangat besar & penting. Ibarat manusia Engineering adalah bagian otak dari tubuh perusahaan ini.

Proses Breakdown itu sendiri adalah proses pertama pembuatan wiring harness setelah kita menerima drawing mentah dari customer (Drawing Customer). Customer ini di klasifikasikan menjadi 2 yaitu Export & Domestik. Untuk Export diantaranya Hitachi, Komatsu, Sakai, Kobelco, GAC, Kawasaki, TCM, dan masih banyak yang lainya. Sedangkan domestik sendiri di antaranya AHM, Kawasaki Domestik, Koito, Asahi Denso, dll.

Paparan di atas sudah cukup jelas ya guys. Yuk kita simak cara membreakdown assy tersebut.

1. Print Drawing Customer tersebut secara jelas agar memudahkan proses breakdown.

2. Beri nomor ujung pada masing-masing connector untuk memudahkan proses input di EPS.

3. Hitung cutting length masing-masing circuit, jika itu circuit joint atau shield buatkan drawing manualnya (lihat koneksi pada list circuit)

4. Setelah proses menghitung cutting length, kita memasuki proses input data.

5. Log in EPS, lalu input assy beserta data-data lainya.

6. Setelah nomor assy sudah terdaftar di EPS, langkah selanjutnya adalah input breakdown part. Input breakdown part sendiri adalah proses input connector beserta part-part pendukung seperti retainer, cover, dummy plug & part-part lainya.

7. Setelah proses Input Breakdown part selesai, lanjutkan dengan menginput circuit. Dalam proses ini meliputi nama circuit, koneksi, cutting length, size kind color wire, & terminal beserta accesorisnya. Dalam hal ini kita harus memperhatikan apakah circuit ini single, joint, End Joint atau M-crimping.

8. Kita memasuki tahap akhir dari proses Input data di EPS yaitu Input Breakdown Part Other meliputi Marker & Cutting Tube (jika ada) dan Part Other contohnya Tape, Barcode, Name Plate, Cover, Timah Solder, Glass Tape, Braiding, dana masih banyak yang lainnya.

9. Setelah semua proses di atas sudah dikerjakan, lakukan generate assy dari mulai Joint-Partlist lalu Distribusi.

10. Print atau save data yang diperlukan.

 

Itulah serangkaian proses breakdown secara garis besarnya. Semoga bermanfaat yaa …

Semangat Bekerja 🙂

 

 

CARA MEMBUAT MEMBUAT BOOTABLE FLASHDISK

Standar

Gambar

Jika kamu berniat hendak menginstall OS misalnya saja Windows 7 lewat sebuah flashdisk. Maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah dengan membuat bootable flashdisk.

Di internet banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk membuat flashdisk menjadi bootable.

Pada postingan kali ini saya coba menjelaskan bagaimana cara membuat bootable flashdisk.

Menginstall menggunakan bootable flashdisk membuat  instalasi lebih mudah dan cepat.

Disamping itu, anda dapat menambahkan berbagai program bootable lainnya misalnya Hiren’s Boot CD dalam 1 Flashdisk.

Lebih dari itu, anda dapat membuat installer Windows XP, Vista, dan Windows 7 dalam 1 Flashdisk. Menarik bukan?

Yuk kita simak tutorialnya :

1. Sediakan Flashdisk minimal 4GB, installer Window7/Vista, dan file ISO Hiren’s Boot CD.

2. Copy file instalasi Windows7/Vista kedalam folder.

3. Download software WinSetupFromUSB

4. Kemudian jalankan WinSetupFromUSB_1-0-beta7.exe.

     Program ini bersifat portable, jadi tidak perlu install lagi.

Spoiler for WinSetupFromUSB

Gambar

5. Gunakan utility BOOTICE untuk membuat flashdsik menjadi bootable.

6. Masuk ke folder WinSetupFromUSB >> Files >> Tools,

kemudian jalankan file BOOTICE.EXE. Akan terlihat jendela seperti berikut :

Spoiler for Bootice

Gambar

7. Pilih Flashdisk tujuan, lalu klik “Parts Manage” seperti gambar diatas.

8. Klik “ReFormat USB Disk“.

Spoiler for Format

Gambar

9. Pilih USB-HDD ModeAlign to cylinder (63 sectors), lalu klik Next.

Spoiler for HDD Mode

Gambar

10. Sorot File System, Pilih FAT-32 atau NTFS (Terserah anda).

Checklist Quick Format untuk mempercepat proses format.

Lalu klik “OK“, biarkan proses format berjalan, kurang lebih 10 detik.

Ketika proses format selesai, klik “Close” untuk  keluar.

Spoiler for Format

Gambar

11. Kembali ke halaman awal BOOTICE, klik “Process MBR“.

Pilih seperti tampilan gambar berikut, selanjutnya klik  “Install/Config“.

Spoiler for Process MBR

Gambar

Gambar

12. Klik “Save to Disk“, klik “OK” jika ada peringatan.

Selanjutnya anda akan kembali kehalaman sebelumnya.

13. Klik “Process PBR“, lalu pilih berdasarkan gambar berikut, lalu klik “Install/Config“.

Spoiler for Process PBR

Gambar

Gambar

14. Selanjutnya Klik “OK“.

Gambar

15. kembali ke halaman WinSetupFromUSB, pilih lokasi dimana anda menyimpan folder instalasi Windows, dan file ISO Hiren’s Boot CD.

Anda juga dapat menambahkan file instalasi Windows Vista atau 7 pada pilihan Vista/7/Server 2008 –Setup PE RecoveryISO.

Spoiler for Burning

Gambar

16. Sekarang, coba setting BIOS anda untuk booting dari USB Flashdisk.

17. Lalu lakukan instalasi seperti biasanya.

Bagaimana, cukup simple dan mudah kan cara intalasi windows7 menggunakan Flash disk ini ?

Semoga bermanfaat.